15 Menu Makanan dan Minuman untuk Diabetes

www.slapsticon.org15 Menu Makanan dan Minuman untuk Diabetes. Mempunyai diabet Kamu butuh untuk mencermati konsumsi santapan tiap hari. Sembarang memakan- makanan malah bisa memperparah penyakit diabet. Memilah santapan yang apik untuk stabilitas gula darah menjadi kunci pokok agar pengidap diabet dapat hidup bugar. Kemudian, apa saja kah makanan- makanan yang terjamin serta kondusif buat pengidap diabet? Amati daftar tersebut dibawah ini.

Pilihan makanan yang baik untuk diabetes

Hidangan yang mempunyai kandungan glukosa amat sangat bermanfaat untuk badan kita sebagai asal muasal tenaga. Nah, semua hidangan serta minuman yang bisa disantap biasanya bisa mempengaruhi kandungan gula darah dalam badan.

Selaku pengidap diabet, Kamu pasti perlu untuk mencermati santapan apa saja yang masuk dalam badan agar gula darah senantiasa normal serta bebas dari komplikasi diabet.

Tidak hanya menghindari santapan yang kaya akan gula, Kamu juga perlu untuk mengenali makanan apa saja yang hendaknya Kamu akan konsumsi. Mayoritas, diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki indikator glikemik kecil.

Indikator glikemik( IG) merupakan dimensi yang membuktikan seberapa kilat santapan bisa tingkatkan gula darah dalam badan. Santapan dengan indikator glikemik kecil berarti menginginkan kurun durasi yang lebih lama buat diproses jadi glukosa di dalam badan. Dengan begitu, gula darah hendak mengarah relatif normal.

Selanjutnya ini merupakan catatan santapan untuk penurun gula darah yang
juga memiliki indikator glikemik kecil untuk
sang pengidap diabet:

1. Jagung

Jagung memiliki angka glikemik kecil alhasil bisa dijadikan santapan pokok

bagaikan pengganti nasi yang baik buat pengidap diabet.

Mengambil halaman dari Harvard Medical School, angka IG dari 100 gr jagung yakni 46, sedangkan bobot glikemiknya berbobot 14. Selaku suatu analogi, bobot glikemik dari 150 gr nasi putih yakni 29. Terus menjadi sedikit bobot glikemik sesuatu santapan maka semakin apik pula buat orang yang tengah mengidap berkemih manis.

Tidak hanya itu, santapan buat diabet ini jua mempunyai kandungan serat serta abuk( tipe karbohidrat lingkungan) yang menginginkan durasi lebih lama buat di cerna oleh badan. Perihal ini membuat kandungan gula darah tidak sedemikian itu kilat naik sehabis makan…..

Cara pencernaannya yang lebih lama juga menyebabkan perut kenyang lebih lama. Kemauan ngemil santapan yang tidak segar jadi dapat ditangani.

Suatu riset pada harian Food Science and Human Wellness yang baru- baru ini tengah mendapatkan jika teratur mengkonsumsi jagung yang banyak bakal abuk tiap harinya dapat menolong diabetesi mengatur gula darahnya lebih bagus.

2. Ubi jalar

Tidak hanya mengenyangkan, ketela jalar jadi santapan yang berikan khasiat bagus untuk mengatur gula darah pengidap diabet.

Ketela jalar ialah santapan yang mempunyai indikator glikemik

yang lebih kecil dari kentang. Angka glikemik satu jatah ketela jalar menggodok merupakan 44, sedangkan kentang menggodok merupakan 80.

Isi serat, vit A, vit C, serta potasium dalam santapan ini pula bagus buat penyakit diabet. Kamu dapat menikmati ketela jalar dengan bermacam metode, mulai dari direbus, dipanggang, ataupun ditumbuk.

3. Gandum utuh

Whole grain nama lain biji- bijian utuh ialah salah satu santapan sangat segar untuk diabet. Nah, salah satu versi whole grain yang banyak difavoritkan dalam diet diabet merupakan gandum utuh( whole wheat).

Gandum utuh terhitung santapan dengan angka glikemik kecil yang jua besar serat. 2 campuran profitabel ini bisa menolong melambatkan absorbsi glukosa dalam darah.

Tidak hanya itu, gandum utuh juga memiliki vit serta mineral yang bagus buat memenuhi keperluan nutrisi pengidap diabet. Tidak hanya gandum utuh, sebagian tipe biji- bijian utuh yang bagus buat diabet, antara lain:

  • Beras merah
  • Quinoa
  • Barley( jelai)
  • Beras hitam
  • Buckwheat( Gandum jaran ataupun soba)

4. Sayuran berdaun hijau

Sebagian sayur- mayur berpati memiliki besar karbohidrat dengan indikator glikemik yang jua besar. Tetapi, tidak seluruh sayur- mayur memiliki abuk.

Terdapat pula sayur- mayur non- pati yang mempunyai karbohidrat serta indikator glikemik yang kecil, sayur- mayur hijau ilustrasinya.

Sayur- mayur hijau memiliki antioksidan lutein serta zeaxanthin yang banyak. Kedua antioksidan itu bisa menolong mencegah mata dari degradasi makula serta katarak. Kedua situasi ini ialah kendala pandangan dampak komplikasi diabet yang sangat biasa dirasakan.

Selanjutnya sebagian tipe sayur- mayur hijau yang dianjurkan bagaikan santapan buat diabet, ialah:

  • Brokoli
  • Bayam
  • Sawi
  • Bok choy
  • Kubis

Kamu dapat komsumsi bermacam sayur- mayur hijau itu wujud lalapan, kombinasi salad, sup, tumisan, serta lain serupanya.

Bagus buat pengidap diabet ataupun orang yang fit, direkomendasikan untuk mengkonsumsi santapan penurun gula darah ini sebesar 250 gr sayur per hari. Jumlahnya sebanding dengan 2 separuh jatah sayur yang sudah dimasak.

5. Kacang-kacangan

Kacang ialah opsi hidangan ataupun cemilan buat pengidap diabet yang nyaman disantap. Lantaran, kacang banyak serat serta protein. Kacang jua pula memiliki karbohidrat lingkungan serta terhitung makanan yang mempunyai indikator glikemik kecil.

Oleh sebab itu, kacang lebih lama diganti sebagai glukosa, alhasil tidak menimbulkan ekskalasi gula darah dengan cara ekstrem. Tidak menyudahi di sana, santapan penurun gula darah ini pula diperkaya oleh magnesium yang ikut berfungsi melindungi kandungan gula darah senantiasa normal.

Sebagian opsi kacang yang menjadi makanan kondusif untuk diabet, antara lain:

  • Kacang almond
  • Kacang kenari
  • Kacang mete
  • Kacang pistachio
  • Kacang tanah
  • Kacang merah

Tetapi Kamu butuh berjaga- jaga dalam komsumsi kacang- kacangan ini. Alasannya, kacang besar kalori alhasil tidak bisa disantap kelewatan sebab dapat meningkatkan berat tubuh. Sedangkan berat tubuh yang berlebih ialah salah satu pemicu dari diabet.

Dari banyak tipe kacang yang telah dituturkan di atas, kacang kedelai pula masuk dalam barisan santapan yang bagus buat pengidap diabet. Ini cocok dengan riset yang dicoba oleh Young- Cheul Kim dari University of Massachusetts Amherst.

Komsumsi santapan yang segar buat pengidap diabet ini teruji sanggup merendahkan kolesterol, kandungan gula darah, serta tingkatkan kepekaan insulin.

Kepekaan insulin merupakan situasi yang melukiskan seberapa sensitif sel- sel badan dalam merespon insulin. Kala sensitivitasnya besar, sel badan sanggup memakai gula darah dengan cara lebih efisien alhasil kurangi kadarnya di dalam darah.

Tidak hanya itu, kacang kedelai jua ialah santapan yang banyak akan protein serta serat komplit dengan indikator glikemik yang kecil.

Baca Juga: 8 Menu Makanan untuk Penderita Diabetes, Baik Dikonsumsi

6. Biji chia

Bulir chia ataupun chia seed ialah santapan yang bagus buat pengidap diabet. Santapan ini amat besar serat tetapi kecil karbohidrat serta kalori.

Dekat 28 gr bulir chia memiliki 11 gr serat. Isi serat dalam bulir chia efisien buat kurangi rasa lapar serta membuat Kamu kenyang lebih lama.

Di sisi itu, santapan buat diabet ini jua bisa menolong merendahkan gula darah dengan melambatkan cara absorbsi nutrisi di dalam usus.

Kamu dapat komsumsi bulir chia dengan cara langsung ataupun digabungkan ke dalam makanan, semacam salad, sereal, ataupun apalagi nasi. Kamu juga dapat meningkatkan bulir chia pada yogurt, smoothies, ataupun puding.

7. Ikan

Tidak cuma nikmat, ikan nyatanya jua jadi salah satu santapan banyak manfaat buat diabet. Terlebih tipe ikan yang memiliki lemak segar, semacam lemak tidak jenuh tunggal ataupun lemak tidak jenuh rangkap.

American Diabet Association menarangkan jika diet besar lemak segar bisa menolong mengatur gula darah sekalian menekan kandungan lipid( lemak darah) pada orang dengan diabet.

Ikan yang bisa menyokong merendahkan gula darah ialah ikan yang banyak akan asam lemak omega 3, semacam:

  • Ikan salmon
  • Ikan trout( ikan yang hidup di air payau)
  • Ikan tuna
  • Ikan kembung
  • Ikan Halibut( di Indonesia diucap ikan sisi)

Pastikan Kamu memasak santapan ini dengan bagus. Dibanding menggorengnya dalam banyak minyak, lebih bagus Kamu memasak ikan dengan metode dipanggang, dipepes, ataupun dijadikan sup.

Guna melindungi kesehatan, pengidap diabet direkomendasikan untuk komsumsi santapan ini sejumlah 2 kali sepekan.

8. Yogurt probiotik

Probiotik merupakan kuman yang bagus yang menolong tingkatkan kesehatan pencernaan serta kesehatan Kamu dengan cara global. Hidangan probiotik yang bagus buat diabet contohnya yakni yogurt.

Tidak cuma menolong merendahkan gula darah, yogurt jua bisa menolong tingkatkan sensibilitas sel- sel badan kepada insulin.

Riset pada harian Nutrition mendapatkan kalau hidangan yang memiliki probiotik juga bisa menolong badan tingkatkan kandungan kolesterol bagus pada pengidap diabet jenis 2.

Kenaikan kandungan kolesterol bagus dari santapan ini bagus buat jantung alhasil bisa merendahkan resiko diabetesi buat terserang penyakit jantung di setelah itu hari.

Buat pengidap diabet, memilih versi yogurt plain( payau). Jauhi yogurt dengan bermacam opsi rasa sebab biasanya sudah ditambahkan banyak gula.

9. Kayu manis

Tidak hanya pelengkap rasa makanan, kayumanis jua berpotensi bagus buat gula darah pengidap diabet. Metode kegiatan kayu manis dalam merendahkan gula darah ialah dengan menolong tingkatkan sensibilitas badan kepada insulin. Dengan sedemikian itu, gula dapat diolah jadi tenaga dengan lebih bagus,

Tidak cuma itu, kayu manis jua melindungi gula darah supaya tidak memuncak sesudah makan dengan metode melambatkan pengosongan perut Kamu. Sebab yang lain, karna kayu manis bisa membatasi enzim pencernaan yang membagi karbohidrat di usus.

Kamu dapat meningkatkan rempah ini pada santapan, minuman, ataupun kemilan ciptaan rumah. Tetapi, janganlah komsumsi dengan cara kelewatan. Isi kumarin dalam kayumanis diyakini bisa menimbulkan hipoglikemia( gula darah turun sangat kecil).

Baca Juga: Ide Bisnis Makanan Modal Kecil Untung Besar

10. Mie shirataki

Mie shirataki terhitung hidangan sehat buat diabet. Mie ini dibuat dari glucomannan, ialah semacam serat yang berawal dari pangkal tumbuhan konjak alhasil diketahui pula dengan gelar mie konjak( konyaku).

Biasanya mie besar dengan karbohidrat aci, tetapi mie shirataki tidak. Dekat 97% shirataki memiliki air. Walaupun sedemikian itu, santapan yang satu ini senantiasa besar serat, alhasil bagus buat diabet.

Serat glucomannan dalam santapan ini berpotensi bagaikan penurun kandungan gula darah serta meminimalisir resiko terbentuknya resistensi insulin untuk pengidap diabet.

Riset pada harian Diabet Care jua menciptakan bahwa orang dengan diabet jenis 2 yang komsumsi serat glukomanan sepanjang 3 minggu hadapi penyusutan fruktosamin yang penting. Fruktosamin merupakan indikator ataupun penanda gula darah sepanjang 2- 3 minggu terakhir.

Khasiat serat yang banyak inilah yang menghasilkan mie shirataki bagaikan santapan pengganti nasi putih ataupun beras buat pengidap diabet.

Minuman untuk Diabetes yang aman dikonsumsi

Tidak hanya santapan, American Diabet Association mengusulkan pengidap diabet melitus buat memilah minuman yang memiliki kalori kecil ataupun apalagi tidak terdapat kalori serupa sekali. Perihal ini untuk menghindari lonjakan gula darah bertambah ekstrem sehabis komsumsi.

Apa saja minuman yang aman dikonsumsi buat pengidap diabet?

  1. Air putih

Kandungan gula darah yang bertambah besar malah dapat menimbulkan kehilangan cairan tubuh. Itu penyebabnya, diabetesi hendaknya butuh komsumsi air putih sebesar 8- 10 hari tiap hari untuk penuhi keperluan cairan di badan.

  1. Jus

Juice buah jua diperbolehkan buat pengidap diabet tetapi pastikan Kamu memperkirakan juice yang hendak Kamu minum dengan totalitas mengkonsumsi santapan dalam satu hari. Memilih juice buah asli tanpa pemanis tambahann, baik natural ataupun ciptaan.

Kamu jua dapat mencoba opsi lain juice buah dicampur dengan sayur- mayur yang direkomendasikan sebagai hidangan untuk diabet. Gabungkan sayur- mayur berdaun hijau, seledri ataupun mentimun untuk ekstra serat, vit serta mineral.

  1. Teh

Teh tipe apa juga dapat diminum oleh mereka yang diabet apabila tanpa gula. Jauhi memberli minuman teh bungkusan sebab mengarah mempunyai kandungan gula yang besar.

  1. Kopi

Kopi jua terjamin buat para diabetesi apalagi buat menghindari diabet melitus. Tetapi, kopi yang aman untuk para diabetesi merupakan kopi gelap tanpa tambahan yang lain.

Memperbanyak susu, krim, ataupun gula ke dalam kopi bisa menaikkan jumlah kalori dengan cara totalitas serta perihal ini bakal berakibat pada kandungan gula darah.

  1. Susu rendah lemak

Susu memanglah memiliki zat- zat mineral yang berarti buat badan, tetapi susu senantiasa tertata atas karbohidrat yang mempengaruhi kandungan gula dalam darah.

Buat para diabetesi, memilih susu tanpa pemanis, susu kecil lemak, ataupun susu skim. Walaupun Kamu dapat minum susu, Kamu jua butuh membatasinya cuma 1- 2 cangkir satu hari.

Aturan konsumsi makanan untuk penderita diabetes

Asas yang harus di garis bawahi dalam diet diabetes ialah keseimbangan dan variasi gizinya.

Pastikan setiap menu makanan untuk pengidap diabetes setiap hari memiliki kandungan nutrisi seimbang layaknya serat, protein, karbohidrat, dan beragam mineral dan vitamin yang lain. Pastikan juga makanan yang Anda makan sesuai dengan keperluan kalori Anda.

Makan dalam porsi besar sekaligus bisa menaikkan kadar gula pada darah secara drastis dan cepat. Itu sebabnya, orang diabetes disarankan untuk makan dalam porsi kecil namun sering asalkan tak mengganggu jadwal pengobatan diabetes yang ditentukan dokter. 

Untuk mempermudah Anda, berikut ini ialah beberapa contoh daftar menu harian untuk masing- masing macam diabetes.

Menu makanan untuk pengidap diabetes 1

  • Sekitar 150 gram nasi merah
  • Telur dadar 1 butir
  • Tumis tauge campur tempe
  • Sayur bening kencur

Menu makanan untuk pengidap diabetes 2

  • Sekitar 150 gram nasi merah atau 100 gram mie shirataki
  • 1 potong pepes ikan
  • 2 potong tahu/ tempe mendoan
  • 1 mangkuk sayur asam

Menu diet diabetes 3

  • Sekitar 150 gram nasi merah
  • Ayam ungkep bumbu kuning bagian dada( 1 potong)
  • Pecel sayuran
  • Perkedel tahu
  • Menu camilan

Menu camilan

Pengidap diabetes juga tetap diizinkan untuk memakan camilan, asalkan makanan yang dipilih memiliki indeks glikemik tidak lebih dari 50.

Pilihlah camilan untuk pengidap diabetes yang kaya serat, layaknya buah- buahan dan sayur- sayuran. Anda dapat memakannya secara langsung atau dibikin jus ataupun smoothies tanpa gula tambahan.

Makanan selingan ini dapat Anda makan di sela- sela jadwal makan besar. Apabila Anda masih ragu atau bingung, jangan ragu untuk merancang menu diet diabetes setiap hari dengan berkonsultasi ke ahli gizi terpercaya dan dokter.

Ahli gizi bisa membawa memperhitungkan berapa keperluan kalori Anda per hari sekaligus nutrisi apa saja yang dibutuhkan pada menu diet diabetes.

 

shares