25 Tempat Wisata di Madiun Terbaru & Terhits Dikunjungi Wisatawan

www.slapsticon.org25 Tempat Wisata di Madiun Terbaru & Terhits Dikunjungi Wisatawan. Provinsi Jawa Timur kaya akan pemandangan alam dan tempat wisata yang indah layak untuk dikunjungi. Orang-orang seperti Badu, Wanshou.com, Surabaya, Madura, dan tentunya Medien. Masing-masing kawasan ini memiliki kondisi geografisnya masing-masing. Dan bagaimana cara mengelola tempat wisata tersebut. Bahkan beberapa daerah pun disebut dengan nama atau julukannya sendiri. Ini seperti Medien, yang dikenal sebagai kota Bream, kota budaya dan kota sastra. Tiga julukan yang diberikan membuktikan bahwa Medien juga merupakan tempat yang layak untuk dikunjungi. Anda akan melihat keindahan alam yang tidak hanya memonopoli wilayah pesisir Pulau Jawa atau pulau-pulau lainnya, tetapi juga di Medien, objek wisata ini juga memiliki potensi yang besar.

Baca Juga: 9 Wisata Terfavorit di Batu dan Malang 2021

Anda bisa menemukan wisata anggur, tugu Kresek, dan taman rekreasi umbul yang mengarah ke air terjun Banyulawe. Untuk mencapai tempat wisata tersebut, berikut referensi dan lokasi tempat wisata Madiun yang bisa Anda kunjungi.

1. Taman Kota Caruban

Sangat menyenangkan menghabiskan waktu bersama keluarga atau mengobrol dengan teman. Taman Kota Caruban merupakan salah satu tempat wisata paling populer yang dikunjungi oleh warga Madiun. Hal ini dikarenakan taman yang sangat luas dan memiliki suasana taman yang asri. Tak heran jika banyak anak muda dan orang tua suka datang ke sini.

Lokasi Taman Kota Caruban ini berada di Jalan Anggur di Purwosari. Berbagai fasilitas yang disediakan oleh taman ini dapat Anda nikmati, seperti paviliun dan taman bermain anak-anak. Di sisi lain, banyak juga orang yang berjualan makanan di pinggir taman ini, yang bisa dinikmati sambil berjalan-jalan di taman. Tempat yang indah ini mungkin bisa menjadi tempat nongkrong yang bagus.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Anggur, Lingkungan Dua, Purwosari, Kec. Wonoasri, Madiun, Jawa Timur.

2. Waduk Kedungbrubus

Sebagai bendungan yang dibangun pada tahun 2008, waduk tersebut sebenarnya berfungsi sebagai saluran irigasi. Namun seiring berjalannya waktu, waduk tersebut juga menjadi daya tarik wisata utama bagi warga sekitar. Tidak hanya piknik keluarga, tapi juga banyak fasilitas.

Bagi yang hobi memancing, Waduk Kedungbrubus menjadi pilihan pertama. Bagi yang menginginkan menu ikan bakar bisa mengunjungi beberapa warung yang ada di sekitar waduk. Lokasinya ada di Pilanken Kenda Wuhan di Madiun.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Area Perhutani, Dawuhan, Kec. Pilangkenceng, Kota Madiun, Jawa Timur.

3. Wahana Bermain Sekar Arum

Rekomendasi wisata pertama Madiun adalah Sekar Arum. Sesuai dengan namanya, mobil ini memberikan banyak fasilitas hiburan edukatif kepada anak-anak untuk mengisi liburannya. Tempat rekreasi ini terletak di Desa Kare, dimana kegiatan seperti arung jeram anak, perosotan gantung dan permainan alam lainnya sering diadakan. Dengan cara ini, kemampuan motorik anak bisa dilatih.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi

Alamat: Desa Kare, Kec. Kare, Kota Madiun, Jawa Timur.

4. Taman Rekreasi Wisata Umbul

Taman ini merupakan taman peninggalan masa penjajahan Belanda dan memiliki banyak objek menarik. Taman Wisata dan Rekreasi Payung juga memiliki air belerang yang hangat. Ada kebun binatang mini dengan beberapa binatang di dalamnya. Tempat wisata di Madiun yang satu ini sangat populer dan menjadi daya tarik tersendiri.

Salah satu keunikan dari objek wisata ini yaitu memiliki dua sisi jurang dan dijadikan sebagai spot foto dengan berburu. Lokasinya ada di Jalan Umbul di Glonggong. Liburan akan semakin seru dan menarik.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Madiun Umbul Square, Umbul, Glonggong, Kec. Dolopo, Kota Madiun, Jawa Timur.

5. Hutan Pinus Nongko Ijo

Pecinta hutan? Kemudian tempat wisata Hutan Pinus Nongko Ijo menjadi tempat wisata yang wajib anda kunjungi. Hutan Pinus Nongko Ijo terletak di kawasan Kebonromo, di kaki Gunung Willis. Dinamakan Hutan Pinus Nongko Ijo karena dahulu banyak terdapat pohon nangka hijau berukuran besar yang membuat masyarakat sekitar akhirnya memiliki nama tersebut.

Keindahan alam yang ditampilkan di hutan ini sangat mempesona. Sejuk dan bayang-bayang pepohonan pinus di kawasan tersebut membuat banyak wisatawan betah. Tak hanya pepohonan, tapi juga dua sungai bisa disaksikan di sini. Sungai Juweh dan Catur berakhir dengan apa yang oleh penduduk disebut “tempuran”.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Kec. Kare, Kota Madiun, Jawa Timur.

6. Monumen Kresek

Bagaimana menurut Anda jika mendengar nama Tugu Kresek? Tugu ini ternyata dibangun sebagai peringatan atas kekejaman PKI di masa lalu. Perilaku brutal PKI sendiri mengakibatkan banyak korban tewas, mulai dari prajurit TNI hingga warga desa.

Dengan kata lain, tugu ini dulunya adalah rumah warga dan pernah digunakan sebagai tempat pembantaian PKI. Prasasti tersebut berisi nama-nama korban, salah satunya Kolonel Muradi. Lokasinya ada di Kresek di Wungu.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Sewu, Kresek, Wungu, Kota Madiun, Jawa Timur.

7. Waduk Dawuhan

Waduk Dawuhan terletak di daerah sejuk Desa Sidomulyo di Kecamatan Wonoasri. Pesona waduknya yang luas kurang lebih 1.273 membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Selain fungsi utamanya sebagai sarana irigasi persawahan dan pertanian sekitarnya, waduk telah lama digunakan sebagai objek wisata bagi wisatawan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi

Alamat: Plumpung Lor, Waduk, Kec. Wonoasri, Kota Madiun, Jawa Timur.

8. Dumilah Waterpark

Ronde selanjutnya dari wisata Madiun merupakan tujuan wisata yang populer bagi banyak warga Madiun. Nantinya, pengunjung bisa mencoba beberapa aktivitas seru. Misalnya seperti rubah atau mini games. Tempat wisata juga menyediakan fasilitas food court, jadi Anda tidak perlu khawatir berwisata memasak.

Dumilah Water Park berlokasi di Jalan Slamet Riyadi 99 di Clegan. Jam kerja mulai pukul 07.00 hingga 19.00 WIB.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Slamet Riyadi No.99, Klegen, Kec. Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur.

9. Kolam Renang Sendang Biru

Jika Anda mencari tempat untuk hiburan keluarga di Madiun, maka Kolam Renang sendang Biru adalah pilihan yang tepat. Tempat ini berada di daerah Manisan Kecamatan Wungu. Fasilitas kolam renang yang disediakan di sini dibagi sesuai kedalamannya sehingga anak-anak dan orang dewasa bisa berenang dengan aman di sini.

Selain kolam renang, masih banyak fasilitas hiburan lain yang bisa membuat anak-anak berenang disini lebih senang. Salah satunya adalah perosotan dan berbagai wahana air. Anda bisa mengunjungi tempat ini bersama anak-anak di akhir pekan. Tempat ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan saat liburan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Manisan, Munggut, Kec. Wungu, Kota Madiun, Jawa Timur.

10. Taman Wisata Tirtoirmolo Waterpark

Tirtonirmolo Water Park merupakan proyek wisata air dengan wahana yang lengkap. Mulai dari kolam renang luncur, kolam laba-laba, kolam air mancur kabut hingga gondola. Tidak hanya permainan air, tapi juga wahana becak keluarga dan lainnya.

Lokasinya ada di Jalan Raya Ngawi, Madiun KM 7. Tarifnya Rp. 12.500 Rp. 15.000

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Raya Ngawi-Madiun No.KM. 7, Sambi, Tempuran, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

11. Waduk Bening Widas

Waduk Widas di Benin adalah kunjungan lagi ke Madiun. Anda bisa berburu foto dan menikmati lingkungan sekitar. Terdapat kolam pemancingan dan dermaga dimana Anda bisa berfoto di taman bermain dan mengobrol dengan keluarga.

Lokasinya berada di Dusun Petung di Desa Pajajaran. Anda bisa mengajak anak bermain di taman dan bersantai bersama keluarga.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi

Alamat: Waduk Widas, Setren, Pajaran, Kec. Saradan, Kota Madiun, Jawa Timur.

12. Brumbun Tubing Adventure

Madiun masih memiliki tempat wisata air dan masih menjadi tempat wisata Brumbun Tubing Adventure. Anda bisa tahu dari namanya bahwa tempat ini merupakan tempat wisata arung jeram. Menjelang liburan, destinasi ini kerap disambut dan disambut baik oleh wisatawan. Anda bisa menghabiskan liburan Anda di sini bersama keluarga dan teman.

Terletak di daerah Brunbun, lokasi ini menawarkan perjalanan arung jeram dengan jeram arung. Ban yang didesain khusus oleh Brumbun Tubing Adventure akan memberikan kenyamanan bagi Anda. Di sisi lain, itu juga menjamin permintaan pelampung. Karenanya, tidak perlu khawatir dengan keamanan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Brumbun, Kec. Wungu, Kota Madiun, Jawa Timur.

13. Wana Wisata Grape

Wisata anggur memiliki perbedaan alam yang sangat menarik. Sungai yang jernih dan segar membuat wisatawan betah. Anda bisa pergi hiking, bersepeda, berkemah, dan bahkan panjat tebing.

Wisata anggur ini berlokasi di Desa Kresek, Kecamatan Wugu. Itu kebetulan terletak di kaki Gunung Willis, sekitar 15 kilometer dari kota Madeen. Luas tanah tempat ini sekitar 1,5 hektar.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Kresek, Wungu, Area Kebun & Hutan, Kuwiran, Kec. Kare, Kota Madiun, Jawa Timur.

14. Situs Nglambangan

Situs Nglambangan adalah peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit. Anda bisa menemukan banyak koleksi benda kuno di sini. Peninggalan budaya seperti lumbung, Vatu Dakong, obat mujarab, dan kuil Lianwangsari.

Di tempat ini biasanya upacara adat dilaksanakan dua malam sekali. Lokasinya ada di Desa Nglambangan, Kecamatan Wugu.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi

Alamat: Nglambangan,Rt.09/02, Nglambangan, Kec. Wungu, Kota Madiun, Jawa Timur.

15. Sun City and Theme Park

Objek wisata berikutnya adalah Sun City dan taman hiburan. Setelah mengunjungi pusat perbelanjaan, liburan di tempat ini pasti akan menyenangkan. Konsep ini sangat unik karena memadukan water park dan theme park dalam satu lokasi.

Kebetulan di Jalan Letjen S Parman 8, Oro-oro Ombo Kartoharjo. Anda bisa mencoba permainan seperti Adventure Park, Ocean Walk, Sea J dan berbagai permainan lainnya.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. S. Parman No.2, Sukosari, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Kulit dengan Perawatan yang Baik dan Benar

16. Waduk Notopuro

Waduk Notopuro berjarak 15 km dari Kota Caruban dan menawarkan pemandangan indah yang sama. Terletak di dekat hutan lereng Gunung Pandang, Anda bisa melihat pemandangan alam yang sangat luas. Terdapat beberapa fasilitas di sekitar waduk, antara lain tempat parkir, toilet dan berbagai warung di sekitar waduk. Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah dari waduk.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi

Alamat: Tulung, Kec. Saradan, Kota Madiun, Jawa Timur.

17. Makam dan Masjid Kuno Taman

Usai menikmati liburan yang mengasyikkan, Anda bisa berziarah ke makam Kanjeng Kyai Ageng Muhammad Kholifah. Ia adalah seorang sarjana di Banten, di mana Anda juga bisa menemukan latar belakang arsitektur masjid kuno.

Konon masjid ini dibangun pada tahun 1745. Lokasinya ada di Jalan Asahan Taman 47 Madiun.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Kemiri No.46, Taman, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur.

18. Air Terjun Krecekan Denu

Objek wisata yang tergolong baru di Madiun adalah Air Terjun Krecekan Denu. Karena tergolong baru, Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk bisa mencapai tempat wisata ini. Namun selama perjalanan, Anda tidak perlu khawatir karena banyak terdapat pepohonan hijau dan pemandangan yang indah.

Lokasinya ada di Desa Kepell, atau berjarak 4 kilometer dari Wana Wisata Grape. Rutenya di sepanjang jalan satu arah. Nanti Anda akan menemukan sebuah pintu dengan tulisan air terjun Krecekan Denu di atasnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Desa Kepel, Kare, Kepel, Madiun, Giringan, Kepel, Kec. Kare, Kota Madiun, Jawa Timur.Kota Madiun, Jawa Timur.

19. Gunung Wilis

Bagi yang suka hiking, item ini terasa seperti pilihan yang tepat. Meski disebut gunung yang tidak terlalu tinggi, namun Gunung Wilis tergolong menantang. Ada beberapa puncak dan jalur pendakian yang dapat dipilih.

Sebelum mendaki jangan lupa lapor ke petugas pos. Nanti Anda akan menemukan pemandangan alam yang indah. Bahkan, Anda bisa mengikuti track yang telah disediakan. Lokasinya adalah Banaran di, Pulung.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi

Alamat: Tawang, Banaran, Kec. Pulung, Kab. Ponorogo, Jawa Timur.

20. Monumen Kresek

Selain wisata alam, Madiun memiliki tempat wisata yang memiliki nilai sejarah. Monumen Kresek merupakan salah satu tempat wisata yang dibangun sejak lama untuk mengenang kekejaman Medien PKI. Dibangun pada tahun 1987 dan selesai pada tahun 1991. Masih menjadi objek wisata sejarah yang sering dikunjungi untuk mengenang keberadaannya.

Lokasi Monumen Kresek terletak di desa Kresek, hanya 8 kilometer dari pusat kota Madiun. Anda juga bisa berjalan di atas tugu, karena tempat ini memiliki taman yang cukup luas. Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai tujuan liburan dan menambah pengetahuan Anda tentang sejarah. Tempat yang cocok untuk mendidik anak tentang sejarah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Sewu, Kresek, Kec. Wungu, Kota Madiun, Jawa Timur.

21. Air Terjun Seweru

Masih ada destinasi wisata yang segar, Air Terjun Seweru ini menyediakan kolam renang alami yang terbentuk di bawah air terjun. Tingginya sekitar 400 meter di atas permukaan laut dan banyak orang menyebutnya Kedung Malam atau Seronfo.

Untuk mencapai Air Terjun Seweru, Anda bisa mengendarai sepeda motor lalu berjalan kaki menyusuri jalan setapak sepanjang 1 km. Itu terletak di lereng Gunung Wilis. Meski jaraknya jauh, keindahan alam sekitar bisa menghilangkan rasa penat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi

Alamat: Dusun Seweru, Branjang, Kec. Kare, Kota Madiun, Jawa Timur.

22. Air Terjun Banyulawe Dong

Ada suasana khas pegunungan dan panorama alam. Anda bisa menikmati pemandangan di sini. Objek wisata juga sangat ramai, dan terdapat banyak toko-toko kecil di sekitar air terjun. Tempat ini berada di desa Kepel kecamatan Kare. Itu kebetulan berada di daerah lereng Gunung Willis …

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Gligi, Kepel, Kec. Kare, Kota Madiun, Jawa Timur.

23. Palang Mejayan

Objek wisata sejarah lain yang bisa Anda kunjungi di Madiun adalah Salib Mejayan. Palang Mejayan merupakan sebuah monumen bersejarah dimana terdapat koleksi berbagai patung dari kerajaan jawa kuno. Artefak-artefak tersebut masih terjaga dan terawat dengan baik, sehingga Anda bisa melihatnya langsung di Rumah Palang Mejayan. Lokasinya ada di Jalan Panglima Sudirman.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Panglima Sudirman No. 79 A, Mejayan, Kec. Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur.

24. Air Terjun Kucur

Madiun memang terkenal dengan beberapa tempat wisata alam air terjun. Karena sudah banyak yang mengetahuinya, memudahkan anda untuk datang ke tempat wisata ini. Namanya air terjun kucur dan banyak dikunjungi warga sekitar.

Air terjun ini tingginya sekitar 20 meter dan terletak di Desa Padas, Kecamatan Dagangan. Di musim kemarau, tempat wisata ini juga dijadikan sebagai sumber air.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi

Alamat: Pucang Sawit, Padas, Kec. Dagangan, Kab. Madiun, Jawa Timur.

25. Gunung Kendil

Jika sudah tahu seperti apa suasana Santa Monica di Los Angeles, kamu bisa datang ke Bukit Kendir. Pasalnya, diharapkan objek wisata ini akan mirip dengan yang ada di Los Angeles. Sebelum menjadi objek wisata, tempat ini pernah menjadi tempat latihan militer. Namun kini sudah menjadi objek wisata yang menarik.

Terdapat beberapa fasilitas penunjang seperti toilet, mushola, paviliun, restoran kolam ikan. Di tempat ini, siapapun pasti akan betah. Lokasinya berada di kawasan persawahan Pilangrejo Wungu. Jam buka dari pukul 07.00 sampai 18.00 WIB.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi

Alamat: Area Sawah, Pilangrejo, Kec. Wungu, Kota Madiun, Jawa Timur.

shares