Efektif 10 Cara Menjaga Kesehatan Lambung Dan Usus!

  • Makan Secara Teratur

www.slapsticon.orgEfektif 10 Cara Menjaga Kesehatan Lambung Dan Usus! Membiasakan diri agar selalu makan secara teratur menjadi salah satu fungsi dari lambung. fungsi lambung ialah memproduksi asam lambung yang selanjutnya akan di gunakan sebagai pencerna makanan yang kita konsumsi dalam bentuk yang lebih kecil. jika asupan makanan dalam tubuh berkurang, maka asam tersebut nantinya akan bisa  melukai organ produsennya yakni lambung. Jika kita tidak makan secara teratur maka bisa terkena penyakit maag akut  yang ditandai dengan gejala maag kronis. 

  • Membiasakan Mengunyah Makanan Lebih Lama

Jika lambung bekerja terlalu berat dalam proses mencerna makanan yang kita konsumsi maka dapat menyebabkan dinding organ tersebut terlalu sering bergesekan. Menyebabkan bagian dinding lambung dapat terluka. Untuk mencegah hal tersebut, yaitu dengan cara kita lebih lama pada saat mengunyah makanan. Biarkan hingga tekstur makanan yang nantinya diserap tubuh menjadi lebih lembut. Selain itu, dengan mengunyah makanan lebih lama maka makanan tersebut akan dapat disesuaikan oleh air liur kita, sehingga nantinya tidak akan berdampak pada peningkatan asam lambung pada saat makanan tersebut dicerna oleh lambung. Makan terlalu cepat juga dapat menyebabkan sering bersendawa dan cegukan terus menerus.

  • Memperbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Memakan makanan yang mempunyai banyak serat alami bisa sangat membantu tubuh untuk menjaga kesehatan organ usus dan lambung. Ada banyak produk makanan yang lengkap dengan kandungan serat yang sangat tinggi. Semua jenis makanan ini dapat dikonsumsi setiap hari baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Makanan yang mengandung kayak akan serat bisa membantu gerakan usus dan melancarkan pengeluaran sisa pencernakan, yakni dalam bentuk feses. Kebiasaan itu bakal melindungi tubuh dari penyakit wasir, sembelit, tukak lambung, kanker usus dan semua kondisi karena akibat kurang serat bagi tubuh.

  • Mengurangi Makanan yang Terlalu Pedas, Asam, dan Manis

Memakan makanan yang begitu asam, pedas, dan terlalu banyak mengandung gula bisa beresiko menambahnya produksi asam lambung. Alhasil hal ini dapat menyebabkan empedu bekerja lebih keras. Selain itu juga dapat memicu pertumbuhan bakteri jahat yang ada di dalam usus. Untuk itu, alangkah baiknya mulailah untuk mengurangi makanan yang asam, terlalu pedas, ataupun terlalu manis supaya kesehatan usus dan lambung tetap terjaga. 

  • Perbanyak Asupan Cairan untuk Tubuh

Terpenuhinya cairan dalam tubuh kita akan sangat membantu dalam proses pencernakan. Air bisa membantu melenyapkan racun-racun berbahaya pada tubuh. Selain itu, air juga mempunyai fungsi untuk melarutkan nutrisi-nutrisi yang diserap tubuh seperti mineral, vitamin, dan nutrisi penting yang lain supaya nantinya mudah diserap oleh tinja. Hal tersebut tentu saja akan sangat membantu Anda untuk mengatasi gangguan sembelit. Bahkan dampak dari kekurangan air putih bagi tubuh juga ternyata sangat fatal.  Kita bisa mendapatkan asupan cairan dengan cara mengkonsumsi air putih maupun minuman lainnya yang rendah kafein, maupun dengan mengkonsumsi cairan yang berasal dari sari buah maupun sayuran.

shares