Kegiatan yang bisa dilakukan saat perpanjangan PPKM

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Saat Perpanjangan PPKM

  Kegiatan saat perpanjangan PPKM Saat wabah korona menyerang, banyak negara termasuk Indonesia mengimbau seluruh masyarakat untuk tinggal di rumah.
Mulai tanggal 1 hingga 28 Januari 2021, “Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM” dilaksanakan.
Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang batas waktu PKKM menjadi 8 Februari 2021.
Melalui kebijakan ini, diharapkan sebagian besar pekerja, pelajar dan mahasiswa akan dituntut untuk bekerja dan belajar dari rumah.

Biasanya kami bosan karena harus tinggal di rumah selama periode PPKM ini.
Meski bisa menimbulkan kebosanan, namun rekomendasi pemerintah harus kita implementasikan untuk mengurangi aktivitas masyarakat.

Dengan demikian, angka korona positif di Indonesia dapat menunjukkan kurva ke bawah.
Melihat media sosial, banyak orang mulai mengeluh bosan dan bingung harus berbuat apa (itu sudah ketinggalan zaman). Padahal, saat terjadi wabah virus corona seperti ini, kita perlu menjaga kondisi fisik kita. Kemampuan melawan virus harus kuat. Kunci untuk menjaga kekebalan tubuh tidak hanya terletak pada asupan, tetapi juga perasaan. senang. Mereka yang bahagia dikatakan memiliki kekebalan yang kuat.
Untuk mengurangi rasa bosan di rumah, kita dan keluarga bisa melakukan banyak aktivitas. Untuk itu, Anda perlu menggunakan otak untuk menemukan ide-ide kegiatan agar masa isolasi di dalam rumah menyenangkan dan tidak membosankan. Sebelum melaksanakan kegiatan tersebut, kita dianjurkan untuk menerapkan pemikiran positif tentang pembatasan kondisi yang ada ini. Dengan pergi keluar, Anda akan memiliki lebih banyak waktu dengan keluarga tercinta dan dengan diri Anda sendiri. Oleh karena itu, Anda memiliki kesempatan untuk melakukan hal-hal yang biasanya tidak mungkin dilakukan, karena Anda harus melakukan aktivitas dari luar.
Mulailah rutinitas yang menarik setiap hari, berikut dua hal yang harus Anda lakukan:

1. Buat jadwal harian
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat jadwal harian. Karena mungkin kita akan tinggal di rumah untuk jangka waktu tertentu, tidak ada salahnya mengatur jadwal aktivitas harian. Untuk Anda dan anak-anak.

2. Tugas bersama
Kerjakan pekerjaan rumah, siapa yang mengerjakan, dan lakukan bersama.
Setidaknya saat mereka membuka mata di pagi hari, setiap penghuni rumah sudah tahu apa yang harus mereka lakukan. Di awal, penting untuk mencapai kesepakatan tentang tugas yang harus diselesaikan setiap hari dan penugasan kegiatan wajib. Mengapa? Ini akan membuat semua orang perlu melakukan pekerjaan rumah bersama. Dengan cara ini, tidak ada yang akan merasa lebih lelah sehingga emosi dan psikologis juga terjaga.
Ketika Anda atau anak Anda harus melakukan aktivitas kerja dan belajar online, harap penuhi kewajiban Anda sesuai dengan waktu yang direncanakan.

Nah, setelah menyelesaikan rutinitas wajib, Anda bisa mengajak anggota keluarga Anda untuk melakukan aktivitas menyenangkan untuk membuat semua orang rileks. Berikut beberapa kegiatan yang bisa kami dan keluarga lakukan selama PPKM.

1. Berkebun

Selama pandemi ini, berkebun menjadi tren baru yang diminati para ibu. Selama PPKM, berkebun mungkin menjadi salah satu hal yang bisa Anda dan keluarga lakukan. Menanam bunga dan sayur juga bisa mendatangkan manfaat di kemudian hari.Tidak hanya bisa menanam bunga dan sayur, Anda juga bisa membuat taman mini yang dipenuhi berbagai bunga dan tanaman serta kolam kecil dengan ikan hias. Kita bisa mengajak anak-anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan berkebun ini. Ini seperti meminta mereka mengisi pot dengan tanah atau menyirami tanaman yang siap ditempatkan di pot.

2. Piknik di rumah

Siapkan perlengkapan yang biasa kita gunakan untuk piknik, seperti piknik selimut dan aneka makanan, seperti piknik di luar rumah.
Anda bisa menyiapkan berbagai jenis kue, makanan dan minuman, lalu menyantapnya bersama keluarga. Tambahkan makanan sehat ke “piknik” Anda untuk mendapatkan efek yang baik pada makanan yang Anda makan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen “piknik” Anda dengan smartphone atau kamera Anda agar lebih menarik.

3. Membaca

Dalam pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat, membaca merupakan cara yang substansial. Selain memberikan ilmu baru, membaca juga bisa membuat waktu Anda tidak terbuang percuma. Selain itu, di zaman modern ini, kita dapat dengan mudah membaca materi selama kita online dan kita dapat membaca banyak buku di sana,tak kala baik nya juga kita bisa membaca berita terkini atau ulasan terbaru.

4. Dekorasi rumah

Anda pernah membaca buku Marie Kondo yaitu seni menata sesuatu di rumah, selain membuat rumah lebih tertata, juga bisa membawa kebahagiaan bagi pemilik rumah.

Mendekorasi rumah adalah pilihan lain untuk menghabiskan waktu di rumah. Dekorasi rumah bisa menghadirkan suasana baru pada rumah Anda.
Mendekorasi pintu dengan berbagai benda dekoratif atau gambar gambar pada dinding kamar tidur menjadi beberapa pilihan Anda untuk mendekorasi rumah.

5. Membersihkan perabot rumah tangga

 

Kami hanya membersihkan atau menggunakan sebagian besar untuk membersihkan rumah. Pada saat yang sama, benda atau furnitur yang jarang kita jalani atau gunakan akan menjadi berdebu atau bahkan kotor. Membuat suasana kekeluargaan tidak terlalu nyaman. Kini saatnya Anda mulai memperhatikan kebersihan dan keindahannya. Misalnya, toples di pojok ruangan atau tumpukan barang di gudang.

 

6. Masak kue

Meskipun memasak merupakan kegiatan umum yang biasanya dilakukan setiap hari, namun hanya pada waktu-waktu tertentu saja kita akan memasak atau membuat makanan yang unik atau membutuhkan tenaga yang cukup. Misalnya saat merayakan hari besar keagamaan atau acara besar di rumah, hanya saja kita hanya memasak dan memasak, menunya sering kali sama. Oleh karena itu, sekarang Anda dapat menggunakan waktu Anda untuk membuat hidangan yang Anda inginkan untuk waktu yang lama, tetapi Anda belum memiliki waktu luang.
Anda bisa mencoba mencari banyak resep kue menarik di Internet. Resep kue yang menyenangkan dan sehat lebih disukai. Ajaklah anggota keluarga untuk berperan serta dalam pembuatan kue, mulai dari menguleni adonan, membentuk adonan, memanggang adonan, hingga mendekorasi kue untuk disantap bersama.

7. Perjalanan virtual

Sejak merebaknya virus corona, setiap orang diminta untuk tinggal di rumah, dan tempat wisata termasuk museum dilarang dikunjungi. Namun, pengelola museum sebenarnya bisa membuka tur. Anda dapat menelusuri museum Indonesia dan museum dunia dengan ponsel atau laptop Anda.
Sebagai referensi, berikut beberapa tautan ke museum dunia yang dapat Anda kunjungi secara virtual:
• Galeri Seni Nasional, Washington, DC, AS
• Museum Nasional Sejarah Alam
• Louvre, Paris
• Museum Van Gogh, Amsterdam
• Museum Guggenheim New York
Tidak hanya dunia, koleksi museum Indonesia juga bisa Anda lihat secara digital. Apa masalahnya di sini adalah beberapa di antaranya:
• Museum Nasional Indonesia
• Museum Kepresidenan Barakiti
• Museum Fort Frederick
• Galeri Nasional
Niscaya, anak-anak akan diajak mengambil risiko dan melihat koleksi museum secara virtual. Selama pandemi virus corona, ada lebih banyak museum yang menawarkan tur virtual. Anda dapat menemukan opsi lain melalui mesin pencari.

8. Dengarkan music

Banyak penyediakan aplikasi musik yang dapat digunakan untuk melihat playlist musik yang ingin kalian dengarkan. Mendengarkan musik favorit dapat menyelamatkan Anda dari stres. Selain itu, mendengarkan musik juga dapat menenangkan pikiran dan memberikan inspirasi di kemudian hari.

9. Mainkan game

Mengurangi stres tidak hanya bisa dilakukan dengan mendengarkan musik favorit. Bermain game (seperti plasticizing) melalui ponsel atau konsol game juga dapat membantu Anda menghindari stres. Selain itu, kita bisa memilih banyak permainan di toko hiburan sebagai sarana hiburan. Selain game online, terdapat banyak pilihan game fisik, seperti game monopoli, checker, ular tangga, scrabble, puzzle, dll.
Temukan “hukuman” yang menarik bagi yang kalah. Tujuan kami hanya untuk bersenang-senang. Misalnya, yang kalah akan menghadapi bedak tebal, atau krayon wajah akan dicoret, dan seterusnya. Selain sebagai hiburan, permainan ini akan mempererat kontak dan menambah waktu bersama keluarga.

10. Menulis buku harian

Bagi mereka yang suka menulis, ini dapat sangat membantu Anda menghabiskan waktu dengan baik di hari itu.
Buku harian bisa membuang waktu begitu cepat karena fokus kita hanya pada apa yang akan kita tulis.
Selama wabah COVID-19 saat ini, menulis jurnal terkait kesehatan dari berbagai website mungkin bisa menjadi pilihan yang menarik.

 

11. Belajar bahasa baru

Anda juga dapat menggunakan periode hening ini di rumah untuk mempelajari bahasa baru, misalnya dengan mengunduh aplikasi khusus bahasa seperti Duolingo. Jika kita bisa belajar bahasa baru yang belum pernah digunakan sebelumnya, itu akan bagus. Jadi setelah pandemic berakhir kita dapat memperoleh ilmu baru yang mungkin akan berguna bagi kehidupan kita selanjutnya.

12. Jaga dirimu

Kegiatan selanjutnya adalah melakukan perawatan diri, dimulai dengan penggunaan masker atau rangkaian produk perawatan kulit lainnya, yang biasanya tidak pernah digunakan karena keterbatasan waktu. Kini Anda bisa menerapkan semua rangkaian perawatan yang mungkin membutuhkan waktu lama karena Anda bisa bekerja dari rumah. Jadi, Anda bisa memakai masker di wajah Anda, bukan?

13. Menonton film

Menonton film bersama keluarga sangat menarik dalam proses isolasi diri. Selain bisa menghibur diri kita dengan anggota keluarga, hubungan mesra antar anggota keluarga pun terjalin semakin dekat.
Menonton film drama mungkin bisa jadi pilihan yang tepat untuk ditonton bersama dengan keluarga. Semua anggota keluarga biasanya suka menonton film jenis ini kecuali untuk konten film drama yang biasanya tidak terlalu berat.

14. Karaoke

Karaoke adalah kegiatan yang sangat mengaksyikan yang dapat kita lakukan dengan keluarga. Kita dapat berudet maupun menyanyikan sebuah lagu dengan bersama-sama sehingga menciptakan kekompakan antar anggota keluarga. Selain kebersamaan, bernyanyi bersama keluarga bisa menjadi aktivitas aktif karena Anda akan merasa nyaman dan terhindar dari depresi.

15. Latihan aerobik atau yoga

Meski pun hanya di lakukan di dalam ruangan, Anda tetap bisa berolahraga dan menghasilakn berkeringat, misalnya melakukan senam aerobik atau yoga dengan tutor video yang telah banyak dan bisa ditonton di YouTube. Siapkan saja waktu, lokasi, kuota internet, dan bisa berkeringat di rumah dengan gratis tetapi tetap menyehatkan.

16. Refleksi diri

Masa-masa sulit dan masa-masa yang penuh keterbatasan niscaya merupakan saat yang tepat bagi kita masing-masing untuk berefleksi kembali. Sasaran yang telah berhasil kita capai, sasaran yang belum tercapai, bidang yang perlu ditingkatkan, dan bidang yang perlu ditingkatkan. Refleksi diri juga penting karena menjadi media bagi kita untuk merefleksikan kesalahan yang telah kita lakukan, sehingga kita bertekad untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

17. Membuat kerajinan tangan

Kamu pasti sering melihat-lihat benda yang kamu buat (DIY). Benda-benda tersebut sering muncul di media sosial atau Pinterest kan? Sekarang adalah waktu terbaik untuk mulai menerapkan salah satunya. Siapa tahu, Anda diam-diam akan memiliki kemampuan untuk membuat kerajinan impian Anda, seperti penangkap mimpi, kotak makeup, dll. Atau kita bisa belajar membuat sabun sendiri. Seperti yang kita ketahui bersama, salah satu anjuran untuk mencegah penyebaran virus corona adalah sering-sering mencuci tangan pakai sabun. Selain untuk memanfaatkan waktu luang kita juga bisa memanfaatkan kegiatan pembuatan sabun ini.

18. Menyortir barang

Pernahkah Anda merasa memiliki terlalu banyak barang, tetapi ini hanya yang Anda gunakan? Bisa berupa pakaian, sepatu, kosmetik atau barang yang lainnya. Saring barang mana yang masih bisa digunakan dan mana yang tidak digunakan bisa dijadikan opsi untuk mengisi periode isolasi rumah. Anda kemudian dapat menjual kembali item yang dipilih sebagai produk bekas, atau Anda dapat memberikannya kepada seseorang yang secara kasar dapat menggunakannya kembali.

19. Pewarnaan Rambut

Bagi yang membenci warna rambut yang sama dalam jangka waktu tertentu, Anda juga bisa membeli pewarna rambut sesuai warna yang Anda butuhkan dan inginkan untuk dicoba diaplikasikan kepada rambut anda, lalu mewarnainya di rumah. Tidak perlu ke salon, Anda hanya bisa mengganti warna rambut di rumah saja. Proses dalam pewarnaan rambut mungkin memakan waktu yang cukup lama, tetapi hal itu tidak masalah, masa isolasi ini akan memberi Anda cukup waktu untuk menyelesaikan pewarnaan rambut Anda sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

20. Bermainlah dengan hewan peliharaan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, ini juga bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk berinteraksi secara intens dengan mereka. Mengajari hewan peliharaan hal-hal baru, atau sekadar bermain dengannya, pasti akan memberi Anda kebahagiaan saat berada di rumah. Apalagi jika biasanya kalian tidak bisa mneghabiskan waktu yang cukup untuk bermain dengan hewan peliharaan Anda di rumah.

21. Istirahat dan tidur

Terakhir, saat biasanya kita sibuk di luar, ini hal yang terpenting tapi sering diremehkan oleh kita. Ya, tidur atau hanya sekedar istirahat. Masa isolasi berarti aktivitas kita di luar rumah menjadi sangat terbatas. Dari pagi hingga malam, otomatis kita menjadi punya lebih banyak waktu di rumah. Pada siang hari bisa digunakan untuk hanya berbaring dan langsung tidur setelah kita menyelesaikan beberapa tugas di pagi hari, 30 menit hingga 1 jam sudah cukup.

Kiat dari UNICEF
UNICEF merupakan sebuah organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang fokus pada masalah anak dan juga telah mengeluarkan pedoman bagi orang tua saat terjadi pandemi virus corona ini.
Di bawah bimbingannya, UNICEF mencoba memberikan beberapa alternatif kegiatan yang bisa dilakukan untuk anak-anak. Kegiatan dengan bayi atau anak kecil, antara lain adalah :
• mencoba meniru ekspresi dan suara mereka
• Nyanyikan lagu bersama
• menyusun ulang
• Bercerita dan membaca buku
Disaat berbicara dengan remaja, topic yang bisa dibahas seperti membicarakan artis, musik atau teman mereka, dll.

shares